Jaga Kesehatan Lansia Selama Bulan Ramadhan

Ramadhan merupakan bulan suci yang selalu dinantikan oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia. Anak-anak, remaja, dewasa hingga para lansia pun turut merindukan momen ini. Tidak sedikit orang yang ingin merasakan berkahnya bulan Ramadhan dengan menjalankan ibada puasa. Begitu halnya dengan para lansia. Puasa merupakan kewajiban bagi umat muslim. Berdasarkan penelitian, puasa baik untuk kesehatan karena dapat memperlancar sistem pencernaan dan metabolisme tubuh. Untuk itu, terdapat beberapa tips menjalankan ibadah puasa untuk lansia agar tidak membahayakan kesehatan.

  1. Konsumsi makanan yang bergizi
    • Ajaran Islam sangat menganjurkan orang yang ingin berpuasa untuk makan sahur terlebih dahulu. Hal ini bukan tanpa alasan. Secara medis, sahur juga sangat membantu kelancaran ibadah puasa. Di waktu inilah tubuh mendapatkan asupan makanan yang dibutuhkan selama berpuasa.Saat makan sahur, pastikan menu makanannya mengandung nutrisi yang lengkap. Karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral, semua itu harus ada. Dengan makan makanan bergizi seimbang, tubuh jadi tidak gampang lemas.
  2. Minum Air Putih Lebih Banyak
    • Orang dewasa membutuhkan 2 liter air putih setiap harinya. Kebutuhan ini sering kali sulit dipenuhi saat berpuasa. Meski demikian, Anda tetap harus berusaha untuk memenuhinya. Dengan banyak minum air putih, tubuh akan terhindar dari dehidrasi dan melarutkan elektrolit yang berpotensi menyebabkan keracunan air.
  3. Istirahat yang cukup
    • Selama bulan Ramadhan, waktu tidur biasanya akan bergeser. Meski demikian, pastikan kebutuhan tidur tetap terpenuhi. Jika ada kesempatan, manfaatkan itu untuk tidur.
  4. Cek kesehatan rutin
    • Banyak penyakit mengintai saat lebaran tiba. Hipertensi, diabetes melitus, asam urat, kolesterol, diare dan maag adalah penyakit yang sering timbul saat ramadhan usai. Maka dari itu, para lansia harus tetap cek kesehatan rutin ya. Mari disiplin datang ke Posbindu yang diadakan setiap sebulan sekali di desa/kelurahan masing. Gratis tis!
  5. Olahraga ringan secara rutin
    • Meski sedang berpuasa, olahraga harus tetap jalan. Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk tidak melakukannya. Hanya saja, pilih jenis olahraga yang ringan. Bagi lansia, olahraga berat sebaiknya dihindari, setidaknya selama menjalankan ibadah puasa.Manfaat olahraga tetap bisa dinikmati meski Anda sedang berpuasa. Tubuh orang yang rutin berolahraga umumnya juga lebih bugar, tidak mudah lelah dan lebih bertenaga daripada mereka yang tidak. Namun bagi para lansia, pilihlah jenis olahraga yang tidak terlalu berat.

1 thought on “Jaga Kesehatan Lansia Selama Bulan Ramadhan”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *